Apa benar Coding Cuma untuk Anak Informatika?

Dua puluh tahun yang lalu, jika kita ingin beriklan, media yang bisa kita pakai mungkin hanya sebatas media televisi, radio dan koran saja. Untuk memasang iklan di media tersebut, diperlukan biaya yang tidak murah. Jika beriklan di televisi, pengiklan membutuhkan bantuan production house agar materi iklan yang ditayangkan, layak dan sesuai dengan ketentuan televisi. Selain harus membayar biaya iklan dari stasiun TV, pengiklan juga harus membayar jasa production house untuk memproduksi video iklan yang sesuai.

Kemajuan teknologi dan perubahan paradigma

Sejak era internet booming, beriklan tidak hanya bisa dilakukan oleh semua orang. Beriklan jadi lebih murah mudah, serta jangkauan audiennya juga yang lebih luas. Siapapun bisa mempublikasikan iklan via internet dengan format multimedia. Tidak perlu menyewa jasa production house yang mahal untuk menyiapkan materi iklan. Pengiklan hanya perlu sedikit keterampilan multimedia, komputer, atau smartphone untuk mempublikasikan iklan di berbagai platform web dan sosial media. Keterampilan beriklan dan membuat konten, kini menjadi keterampilan yang esensial, setiap orang harus menguasainya jika ingin berpartisipasi dalam persaingan global.

Hal yang sama juga akan terjadi di area software engineering, atau pengembangan perangkat lunak. Kita sudah melihat bahwa kemampuan coding kini tidak hanya eksklusif dimiliki oleh anak informatika. Keterampilan coding kini menjadi keterampilan esensial yang mesti dimiliki oleh semua orang di semua bidang. Indonesia membutuhkan banyak sekali tenaga profesional yang memiliki kemampuan coding. Hal ini didorong karena pesatnya pertumbuhan perusahaan berbasis teknologi seperti ecomerce.

Tidak hanya ecomerce, semua bidang kini berpusat pada pengembangan bisnis pada area IT. Di bidang pemerintahan, ada berbagai implementasi program egovernance untuk peningkatan layanan masyarakat. Di bidang pendidikan, berbagai teknologi IT digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Di bidang kesehatan, ada berbagai macam aplikasi dan startup yang menyediakan layanan kesehatan berbasis online. Beberapa contoh tersebut tentu saja membuat kebutuhan akan keterampilan coding jadi meningkat sangat drastis.

Berbagai manfaat belajar coding

Satu dekade lalu, belajar coding mungkin hanya untuk anak informatika saja. Mereka yang ingin belajar coding, mesti kuliah mengambil jurusan informatika. Namun kini, dengan tersedianya berbagai macam platform belajar baik kursus ataupun bootcamp, belajar coding tidak lagi eksklusif untuk siswa informatika saja. Siapapun bisa memulai belajar coding. Dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, ataupun mereka yang memiliki keterbatasan atau difabel.

Selain untuk menunjang karir, belajar coding juga memiliki manfaat lain, terutama bagi anak-anak dan remaja.Belajar coding akan melatih keterampilan dalam memecahkan masalah (problem solving). Tidak hanya untuk membuat program, keterampilan pemecahan masalah sangat diperlukan dalam hidup kita sebagai manusia.

Steve Jobs pernah berkata begini:

Saya pikir semua orang di negara ini haruss belajar memprogram komputer, harus belajar bahasa (pemrograman) komputer, karena (coding) mengajari Anda bagaimana caranya berpikir.

Di Axcelio kami sangat setuju dengan quotes tersebut.Coding akan mengajari kita bagaimana cara berpikir secara algoritmik dan komputasional. Manfaat belajar coding selanjutnya adalah melatih kesabaran, ketangguhan, dan ketelitian. Inilah mengapa, belajar coding sebaikanya dimulai sedini mungkin.

Para tokoh dunia, memulai coding sejak dini

Elon Musk tidak belajar coding dari kuliah, bahkan dia tidak lulus kuliah. Dia sudah belajar coding dari umur 10 tahun. Saat ini dia dalah CEO SpaceX, Tesla dan Boring Company. Bill Gates belajar coding di usia 13 tahun. Dia adalah pendiri Microsoft dan merupakan salah satu orang yang berpengaruh di bidang teknologi. Tidak jauh berbeda dengan Bill dan Elon, Linus Torvalds, pembuat kernel Linux, memulai coding dari umur 13 tahun. Kini, sebagian besar internet, berjalan di atas kernel buatannya.

Keterampilan coding makin diperlukan saat ini. Beberapa tahun mendatang, kebutuhan akan profesional yang memiliki keterampilan ini akan terus meningkat. Mempersiapkan diri untuk memiliki keterampilan coding, merupakan strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan global di masa mendatang.

Tertarik mengikuti Pembelajaran?